9 Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan Tubuh

labu siam yaitu semacam sayuran yang banyak dikonsumsi oleh orang-orang Indonesia. Di lokasi Jawa, labu siam lebih di kenal dengan sebutan jipang, sedang didunia labu siam dimaksud dengan nama chayote. Labu siam sendiri bukanlah adalah tanaman asli Indonesia. Seperti namanya, labu siam datang dari lokasi Siam yang ada di Negara tetangga kita yaitu Thailand.

labu siamLabu siam mempunyai bentuk seperti buah pear, tetapi mempunyai warna hijau. Sebagian riset temukan bila labu siam adalah sayuran hijau yang mempunyai banyak nutrisi yang diperlukan oleh badan. Bahkan juga satu riset yang dikerjakan oleh Kampus North Florida, Amerika, temukan kalau labu siam memiliki kandungan banyak vitamin. Labu siam juga adalah sayuran yang begitu rendah bakal kalori, tinggi serat, serta kaya mineral. Lantas, apa sajakah faedah yang bisa diberikan labu siam?

Manfaat Labu Siam
Kandungan Gizi Labu Siam

Labu siam yaitu sayuran yang masuk dalam keluarga Cucurbitaceae serta masihlah satu keluarga dengan mentimun, serta labu kuning. Nama ilmiah untuk labu siam yaitu Sechium Edule. Sedang untuk kandungan gizi yang ada didalam labu siam yaitu seperti berikut :
Labu Siam (Sechium edule) dalam keadaan mentah,

di dalam setiap 100 gram, mengandung:
Kandungan Nilai Gizi Presentase berdasarkan Saran Penyajian
Energi 19 Kcal <1%
Karbohidrat 4.51 g 3.5%
Protein 0.82 g 1.5%
Total Lemak 0.13 g <1%
Kolesterol 0 mg 0%
Serat 1.7 g 4.5%
Vitamin
Folat 93 µg 23%
Niacin 0.470 mg 3%
Asam Pantothenic 0.249 mg 5%
Pyridoxine 0.076 mg 6%
Riboflavin 0.029 mg 2%
Thiamin 0.025 mg 2%
Vitamin A 0 IU 0%
Vitamin C 7.7 mg 13%
Vitamin E 0.12 mg <1%
Vitamin K 4.1 µg 4%
Elektrolit
Sodium 2 mg <1%
Potassium 125 mg 2.5%
Mineral
Kalcium 17 mg 1.7%
Zat Besi 0.34 mg 4%
Magnesium 12 mg 3%
Zat Mangan 0.189 mg 8%
Fosfor 18 mg 2.5%
Selenium 0.2 µg <1%
Zinc 0.74 mg 7%

Faedah Labu Siam Untuk Kesehatan

Faedah labu siam untuk kesehatan cukup sangat banyak untuk menghindar penyakit sampai menolong pola diet. Pohon labu siam ini macamnya yaitu tanaman merambat yang mempunyai sulur – sulur di mana nanti bakal jadi tempat tumbuhnya buah labu siam. Labu siam bisa tumbuh pada tanah yang lembab tetapi tak becek serta tak memiliki kandungan air. Labu siam bisa dipanen sesudah 30 dari saat tanamnya, cukup cepat memanglah. Di bawah ini sebagian Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan Tubuh :

1. Menolong Turunkan Berat Tubuh

Labu siam seperti labu – labu yang lain, adalah sayurang yang memiliki kandungan kalori yang begitu rendah. Labu siam cuma memiliki kandungan 16 kalori saja didalam tiap-tiap 100 gramnya. Diluar itu, seperti bisa diliat dalam table kandungan nutrisi diatas, labu siam tak memiliki kandungan lemak jemu serta cholesterol sekalipun. Labu siam juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Hingga, dari aspek – aspek berikut yang bikin labu siam jadi bahan makanan yang recommended untuk mereka yang tengah menginginkan turunkan berat tubuh.

2. Menghindar Bayi Lahir Cacat

Labu siam adalah sayuran yang juga mempunyai kandungan B complex yakni Folat yang cukup baik. Kandungan folatnya yaitu 93µg dalam 100 gr labu siam atau setara dengan 23% dari keperluan folat yang disarankan. Folat sendiri begitu diperlukan pada sistem pemisahan sel, hingga pada ibu hamil folat menolong perkembangan sang janin serta menghindari bayi dari cacat syaraf.

3. Menolong Turunkan Kolesterol

Dalam tabel kandungan gizi, labu siam tak mempunyai kandungan lemak jemu, bahkan juga untuk kandungan kalorinya saja cuma dalam jumlah sedikit. Berdasar pada aspek itu, labu siam bisa dipakai untuk mengatur tingkat cholesterol yang tinggi. Serta begitu baik untuk dikonsumsi untuk pasien cholesterol tinggi.

4. Menghindar Penyakit Kanker

Didalam labu siam, ada kandungan anti-oksidan yaitu apigenin serta luteolin. Dua type anti-oksidan ini berguna untuk melawan serta bersihkan radikal bebas penyebabnya kanker yang ada didalam badan kita.

5. Sebagai Sumber Stamina

Labu siam dikenal juga memiliki kandungan potassium yang disebut satu diantara type elektrolit yang beguna sebagai sumber stamina badan kita. Kandungan potassium didalam labu siam ini sejumlah 125 mg per 100 gr.

6. Menghindar Penuaan Dini

Labu siam adalah sayuran dengan kandungan flavonoid yang cukup baik. Flavonoid didalam labu siam bisa menolong badan untuk melawan zat – zat beresiko seperti Reactive Oxygen Species (ROS) yaitu zat yang disebut turunan dari oksigen tetapi berbentuk reaktif hingga dapat membahayakan untuk badan, serta radikal – radikal bebas penyebabnya penuaan awal serta penyakit beresiko yang lain.

7. Sebagai Sumber Antioksidan

Labu siam memiliki kandungan sekitaran 7, 7 mg vitamin C. Vitamin C sendiri adalah satu diantara anti oksidan yang bisa menolong menghindar rusaknya sel ataupun untuk menghindar masuknya radikal bebas ke pada badan. Dengan konsumsi 100 gr labu siam, anda bakal penuhi sekitaran 13 % dari keseluruhan keperluan vitamin C badan yang disarankan sehari-harinya.

8. Menyembuhkan Batu Ginjal

Labu siam, terutama daunnya bisa dipakai dalam penyembuhan batu ginjal. Hal semacam ini seperti disibak dalam hasil satu riset yang dikerjakan di Kampus North Florida. Diluar itu, daun labu siam juga bermanfaat untuk turunkan darah tinggi.

9. Menghindar Sembelit

Dengan memberikan labu siam kedalam menu makanan, ini bermakna kita juga memberikan konsumsi serat yang dibutuhkan badan kita. Serat itu bakal memebantu memperlancar sistem pencernaan didalam badan, hingga dapat menghindar terjadinya sembelit.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 9 Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan Tubuh